Pencairan Bansos PKH oleh Pemdes Banjaranyar dan Agen e-warong

0
506
Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Petugas Sedang Melayani Pencairan Bansos

banjaranyar.desa.id – Pencairan dana Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) telah dilaksanakan di Desa Banjaranyar. Pembagian Bansos PKH dilakukan oleh Pemdes Banjaranyar bersama dengan petugas Agen Elektronik Warung Gotong Royong (e-warong) pada Rabu (15/3/2023).

Pembagian ini dilakukan di Pendopo Praja Mukti Desa Banjaranyar sehingga serentak masyarakat penerima Bansos PKH mendatangi Balai Desa Banjaranyar untuk mengambil bansos tersebut.

Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Warga Sedang Antri Pencairan Bansos, lokasi : Pendopo Praja Mukti.

Jumlah penerima bantuan sosial PKH ini sebanyak 215 keluarga penerima manfaat (KPM). Tak hanya itu, Pemerintah Desa Banjaranyar juga membagikan bantuan sosial kepada beberapa keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) namun hanya sebagian yang mengambilnya, selebihnya keluarga penerima bansos BPNT mengambil uang secara individu melalui atm/bank.

Jumlah penerima bansos PKH ini mengikuti Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai dengan data yang dimiliki pemerintah.

Nominal bantuan yang diterima setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berbeda-beda, sekitar Rp 375 ribu hingga Rp 1,250 juta setiap keluarga. Pembagian bansos PKH dimulai pada pukul 09.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib.

Pembagian bansos di Desa Banjaranyar (Pendopo Praja Mukti) cukup memakan waktu yang lama karena adanya tambahan penerima BPNT yang ikut mengambil bansos sehingga Pemdes dan Agen e-warong harus mengambil uang tambahan.

Meski memakan waktu cukup lama masyarakat penerima Bantuan Sosial PKH cukup kondusif sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Pencairan Bansos lokasi Pendopo Praja Mukti.

Bantuan Sosial PKH itu sendiri merupakan program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dibagikan menjelang bulan Ramadan 1444 H. Pembagian bansos mendekati Bulan Ramadan memiliki tujuan untuk mengendalikan inflasi dan harga beberapa komoditas pangan pada tingkat produsen.

Seperti yang kita ketahui bahwa mendekati bulan suci Ramadan tentunya sejumlah harga bahan pangan mengalami peningkatan. Bahan pangan yang biasa mengalami kenaikan diantaranya adalah telur, daging ayam, cabai rawit dan lainnya. Hal ini membuat Pemerintah RI mengambil langkah untuk membagikan bansos menjelang Ramadan agar masyarakat penerima bansos ikut terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokonya.

Pemerintah Desa Banjaranyar berharap pembagian bansos PKH ini bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhannya. Tak hanya itu, Pemerintah Desa Banjaranyar juga menginginkan masyarakat bisa menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dan tidak disalahgunakan.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silahkan masukan nama anda