Gotong Royong Warga Bangun Pasar Ramadan

1
1181
Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Warga Gotong Royong Mendirikan Tenda

banjaranyar.desa.id – Sabtu (18/3/2023) masyarakat Desa Banjaranyar bergotong royong membangun pasar Ramadan Banjaranyar. Warga sangat antusias dalam menyambut bulan puasa dengan bekerja sama membangun tenda jualan/lapak bagi para pedagang.

Pasar Ramadan atau yang biasa dikenal dengan nama “Pasar Rakyat Prapatan” ini rutin diadakan setiap tahun pada bulan puasa. Letak Pasar Ramadan ini berada dijalan utama Desa Banjaranyar yang cukup ramai dilewati oleh sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Beraneka ragam takjil dan makanan khas puasa tersedia selama ramadan di Pasar Ramadan Banjaranyar. Keberadaan pasar ini di inisiasi oleh Pemerintah Desa Banjaranyar beserta Perangkat Desa dan sejumlah tokoh masyarakat guna mewadahi UMKM dan pedagang yang ingin berjualan.

Imam Syarif Ketua Pelaksana Pasar Ramadan Banjaranyar menyampaikan kepada sejumlah tokoh masyarakat (RT/RW) untuk menginformasikan mengenai pembukaan pendaftaran lapak/tenda. Pendaftaran sewa lapak dibuka mulai Minggu (19/3/2023) melalui Ketua Pasar Ramadan Imam  Syarief atau melalui Ketua RT/RW.

Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Pemasangan Tenda Pasar

Biaya pendaftaran lapak bervariatif, jika menggunakan tenda/lapak bagi masyarakat Banjarnyar tarif sewa sebesar Rp 25 ribu, dan untuk pedagang domisili Non Banjaranyar tarif sewa Rp 35 ribu.

Sedangkan untuk pedagang yang ingin berjualan namun tidak menggunakan tenda, jika pedagang domisili Banjaranyar maka tarif sewa sebesar Rp 15 ribu, dan pedagang non Banjaranyar tarif sewa sebesar Rp 25 ribu.

Ketua Pasar Ramadan “Imam Syarif” juga telah menyiapkan sejumlah personil untuk mengamankan pasar dengan Koordinator Keamanan “Mega”. Nantinya “Mega” akan mengkoordinir pemuda Desa Banjaranyar untuk mengamankan parkiran motor pengunjung dibeberapa titik dan sisanya mengatur lalu lintas jalan di Pasar Ramadan Banjaranyar agar tidak terjadi kemacetan.

Foto Dok. banjaranyar.desa.id : Warga Masyarakat Mendirikan Tenda

Pasar Ramadan Banjaranyar dibuka mulai pukul 16.00 WIB hingga menjelang waktu berbuka puasa. Meski kondisi pasar ramai namun para pembeli dan pedagang tetap mampu menjaga ketertiban pasar.

Keberadaan pasar ini sangat dinanti oleh masyarakat Desa Banjaranyar terutama pedagang yang ingin berjualan selama bulan ramadan. Sejumlah pedagang mampu mendapatkan keuntungan besar selama berjualan di Pasar Ramadan karena antusisasme pembeli yang ingin membeli hidangan untuk berbuka puasa. Pasar Ramadan Banjaranyar mampu meningkatkan pendapatan para pedagang dan pelaku UMKM selama bulan puasa.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silahkan masukan nama anda