Pembibitan Albasia di Desa Banjaranyar

0
1643
Pembibitan Albasia Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja

Para wanita tangguh ini adalah kaum buruh tani di Desa Banjaranyar untuk menambah penghasilan mereka dengan cara mengisi polibek untuk media tanam bibit Albasia, memang tidak begitu besar nilainya, setiap 1000 (seribu) buah polibek hanya dihargai Rp 27.000, sampai dengan Rp 30.000.

Adanya pembibitan albasia ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Banjaranyar dan mampu menyerap tenaga kerja yang banyak, mulai dari proses pengumpulan tanah sampai panen membutuhkan banyak tenaga kerja, sehingga masyarakatpun bekerja secara terus menerus.

Foto di atas  adalah salah satu lokasi pembibitan albasia yang sudah siap panen, lokasinya di RW 07 Desa Banjaranyar. Pembibitan albasia di Desa Banjaranyar tergolong berkualitas baik karena mulai dari proses awal dan perawatannya dikerjakan dengan sangat teliti.

Adanya pembibitan Albsia ini sangat membantu sekali dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Banajranyar dan merupakan Produk Pertanian Unggulan desa. Penyerapan tenaga kerja yang banyak salah satu faktor yang membuat sebagian masyarakat tidak mencari pekerjaan di kota, karena lapangan pekerjaan telah tersedia di desa.

Pemasaran bibit Albsia sudah lumayan bagus meliputi wilayah Banyumas, Purbalingga, Brebes, Pemalang, Banjarnegara bahkan sampai Jawa Barat, bibit Albasia yang ada cukup terkenal karena keunggulannya dibandingkan bibit albasia dari wilayah lain karena produk bibit albasia Desa Banjaranyar produksinya sudah mencapai jutaan pohon dan siap melayani pesana setiap saat dalam jumlah yang besar dari mana saja.(dr)

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silahkan masukan nama anda