Geliat Pasar Desa di Bulan Ramadhan

0
2833
pasar desa
Foto Dokumentasi banjaranyar.desa.id Lokasi Pasar Desa Banjaranyar, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas.

Pasar Desa Banjaranyar terletak di tengah-tengah Desa tepat di perempatan jalan desa, sebagai sarana jual beli warga masyarakat Desa Banjaranyar.

Seperti tahun-tahun lalu di bulan Ramadhan, pasar desa menjadi bulan berkah dan mendatangkan rezeki dengan dibuka sore hari mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB menyediakan sayur mayur dan aneka makanan untuk keperluan buka puasa.

Setiap harinya pasar desa ramai dipenuhi oleh pengunjung tidak hanya dari warga Desa Banjaranyar tapi juga warga lain dari tetangga desa yang akan berbelanja kebutuhan buka puasa. Selain sayur mayur, aneka makanan juga ada pedagang yang menyediakan berbagai pakaian dan mainan anak-anak.

Dari beberapa pengunjung ternyata ada yang sengaja hanya melihat-lihat sambil menunggu saat berbuka puasa (ngabuburit), ini menambah suasana menjadi ramai dan jalanan menjadi tersendat ramai lancar.

Pasar Desa dikelola oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang anggotanya terdiri dari warga masyarakat umum dan pengurus Karang Taruna “Kusuma Yudha 11”, termasuk pengelolaan parkiran dan laju kendaraan yang melintas oleh pemuda-pemuda kreatif Desa Banjaranyar.

Alat perlengkapan disediakan oleh Karang Taruna berupa “Tarub” yang telah dikelola semenjak tahun 2016, pemberian dari Pemerintah Desa Banjaranyar yang sumber pendanaannya berasal dari Bantuan Bupati Banyumas Tahun Anggaran 2016.

Para pedagang dikenakan kontribusi sewa perhari yang dikumpulkan oleh pengelola dengan tarif terjangkau dan dirasa tidak membebani para pedagang.

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silahkan masukan nama anda