Perangkat Desa se-Kecamatan Sokaraja yang terdiri dari 18 Desa mengadakan Pelatihan Aplikasi Siskeudes 2018 secara mandiri selama 2 hari ¬†yaitu pada hari Sabtu-Minggu tanggal 31 Maret 2018 dan 1 April 2018 bertempat di Rumah Makan D’Garden Hall and Resto Purwokerto.

Gagasan pelatihan berasal dari Forum Komunikasi Sekretaris Desa se-Kecamatan Sokaraja “FOKUSS” yang telah di rembug pada tahun sebelumnya yang bertujuan meningkatkan kapasitas Perangkat Desa khususnya yang membidangi sebagai Bendahara Desa, Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD) dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Setelah mendapat restu dari Paguyuban Kepala Desa se-Kecamatan Sokaraja, kegiatan tersebut dianggarkan pada tahun 2018 kemudian dilaksanakan oleh “Panitia Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa” yang terdiri dari Sekdes se-Kecamatan Sokaraja.

Materi pelatihan terdiri dari Focus Group Discussion (FGD) pada hari pertama dan Pelatihan Input APBDes 2018 pada Aplikasi Siskeudes 2018, dilanjutkan Pelatihan Penatausahaan Aplikasi Siskeudes 2018 pada hari ke dua.

Focus Group Discussion (FGD) tentang Peraturan Bupati Banyumas Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Keuangan Desa disampaikan oleh Kepala Bidang Tata Kelola Pemerintahan Desa (TAPEMDES), Peraturan Bupati Banyumas Nomor 21 Tahun 2015 oleh Inspektorat dan Pendapatan Desa oleh Badan Keuangan Daerah Kabupaten Banyumas.

Simak Videonya : FGD Pengelolaan Keuangan Desa

TINGGALKAN BALASAN

Silakan masukkan komentar Anda!
Silahkan masukan nama anda